BROMIN PPSKI

Ruang untuk guru berbicara

Kolaborasi
Profesional
Life long learner

Saling Berbagi adalah definisi Kolaborasi

Guru adalah salah satu komunitas penentu kemajuan pendidikan. Setiap guru harus aktif dalam langkah memajukan pendidikan. Berjalan sendiri tentu akan sulit mengingat kompleksnya permasalahan seputar pendidikan. Guru harus memandang dirinya sebagai anggota suatu komunitas yang bersama-sama bergerak. Bromin adalah sebuah wadah agar guru dapat aktif bersama berbagi ide, gagasan, pertanyaan, inovasi seputar pendidikan. Bromin juga merupakan jendela untuk komunitas pendidikan lain, misalnya pemerintah dan akademisi, untuk mengetahui permasalahan di lapangan. Saling berbagi adalah definisi kolaborasi di bromin.

Mampu membicarakan isu pendidikan adalah definsi profesional

Sebagai profesional sekaligus praktisi pendidikan, guru memiliki hak untuk berbicara mengenai isu-isu pendidikan. Teori-teori pendidikan perlu disandingkan dengan realita lapangan agar dapat diaplikasikan. Guru yang secara rutin mencatat dan mengevaluasi pengajarannya, mampu berbicara, memberi saran, memberi pertanyaan, memberi tanggapan terhadap isu-isu terkait pendidikan. Mampunya guru untuk aktif mengambil sikap dan berbicara mengenai isu-isu pendidkan adalah salah satu ciri guru profesional.

Setiap Guru adalah inspirasi untuk guru lainnya

Kompleksnya permasalahan seputar pengajaran, membuat guru memerlukan banyak alternatif solusi. Sebuah permasalahan dari guru, dapat menjadi inspirasi solusi bagi guru lainnya. Terciptanya komunitas yang saling menginspirasi satu sama lain dapat memperluas pandangan guru serta menghilangkan seniortitas dan eksklusifitas yang sering kali disebut sebagai penghalang kemajuan guru. Setiap guru adalah inspirasi untuk guru lainnya sehingga guru akan terus belajar sepanjang hayat.

ADMIN PPSKI PEMANDU ACARA

Salah satu admin PPSKI Pusat Berikut akan memandu acara

Guru dan Pembimbing Olimpiade Kimia SMA NEGERI 1, Metro, Lampung

Sri Murwatiningsih, S.Pd., M.Si.

Admin Bidang Pengembangan Mutu Guru PPSKi Pusat

Guru Kimia SMA NEGERI 47, Jakarta

Heni Purwaningsih, S.Pd., M.Pd.

Admin Bidang Pengembangan Mutu Guru PPSKi Pusat

Peneliti Kimia Sintesis dan Ph.D Candidate di Flinders University, Australia.

Alfrets Daniel Tikoalu, S.Pd., M.Sc.

Admin Bidang Pengembangan Mutu Guru PPSKi Pusat

Guru Kimia MAN 2 Malang, Jawa Timur.

Anis Nurowidah, S.Pd., Gr.

Admin Bidang Pengembangan Mutu Guru PPSKi Pusat

Guru Kimia Sekolah Victory Plus, Bekasi, Jawa Barat.

Dea Sukrisna, S.Pd.

Admin Bidang Pengembangan Mutu Guru PPSKi Pusat

Konsep Acara

Acara disajikan dalam bentuk virtual meeting. Tidak perlu registrasi. Semua guru kimia dapat bergabung melalui tautan yang disediakan. Suatu topik pembicaraan akan diajukan oleh admin PPSKI. Semua peserta dapat berbagi pengalaman, permasalahan atau inovasi seputar topik yang dibahas. Diakhir acara, Admin PPSKI akan membacakan resume diskusi. 

Jadwal Acara

SETIAP RABU MALAM KAMIS PUKUL 19:30 WIB PADA MINGGU Kedua DAN MINGGU KEEMPAT, KLIK ICON ZOOM DISAMPING ATAU GUNAKAN MEETING ID DAN PASSCODE DI BAWAH INI.

MEETING ID: 897 1386 6888 PASSCODE: 557943

LINK ZOOM

Topik dan Tanggal Acara Bromin

Berikut ini beberapa topik terdekat untuk bromin

Strategi apa saja yang sudah pernah digunakan?

Temuan apa saja yang di dapat dilapangan?

Sejauh mana reliabilitas dan validitas penilaian masa pandemi?

Strategi apa yang bisa dilanjutkan saat pandemi sudah berkahir?

Penilaian dan Evaluasi Pembelajaran massa Pandemi Covid-19.

Strategi apa apa saja yang pernah dicobakan?

Sejauh mana virtual lab dapat menjadi alternatif praktikum kimia?

Temuan apa yang terjadi dilapangan yang perlu direfleksikan bersama?

adakah hal baru yang dikuasai mengenai praktikum kimia?

Strategi apa yang dapat dilanjutkan saat pandemi sudah selesai?

 

Praktikum kimia masa pandemi covid-19.

Sumber-sumber pengajaran apa yang dapat dibagikan dari guru penggerak kepada guru kimia?

Pertanyaan apa saja yang ada dibenak guru kimia saat mendengar istilah guru penggerak?

Sejauh mana pergeseran cara pandang guru penggerak dengan guru umum?

Bagaimana agar tidak tertinggal dalam perubahan pendidikan?

Yang perlu guru kimia pahami mengenai Guru dan sekolah penggerak
Student